Selasa, 14 April 2015

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Dunia telah melahirkan orang-orang besar dan memiliki pengaruh yang yang luas terhadap perkembangan masyarakat dunia. Namun siapakah 10 orang di dunia yang memiliki pengaruh terbesar sepanjang masa?  Di urutan pertama adalah Nabi Muhammad. Kriterianya: perbuatannya dan pemikirannya memiliki dampak paling dahsyat terhadap umat manusia di dunia
1. Nabi Muhammad
          Menurut Michael Hart, Utusan Tuhan, penyebar agama Islam, penguasa Arabia, ini adalah tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal spiritual maupun kemasyarakatan.
          Hart mencatat bahwa Muhammad mampu mengelola bangsa yang awalnya egoistis, barbar, terbelakang, dan terpecah-belah oleh sentimen kesukuan menjadi bangsa yang maju dalam bidang ekonomi, kebudayaan, dan kemiliteran bahkan sanggup mengalahkan pasukan Romawi yang saat itu merupakan kekuatan militer terdepan di dunia. Saat ini Islam dianut oleh sekitar 1,5 miliar manusia di dunia.
2. Yesus.
          Dikenal sebagai penyebar Agama Kristen yang kini menjadi agama paling banyak pengikutnya. Saat ini agama Kristen dianut oleh sekitar 2,1 miliar orang.  

3. Adam Smith
          Ekonom, pelopor kapitalisme adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Karyanya yang terkenal adalah buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations). ini adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme.
          Adam Smith adalah salah satu pelopor sistem ekonomi kapitalisme. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan kini kini diterapkan sebagian besar bangsa di dunia.
4. Thomas Alfa Edison
          Pada tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudian ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Elctric.
          Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya. dia memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.
5. Deng Xiaoping
          Meski tidak memegang jabatan formal di dalam pemerintahan, Deng merupakan pemimpin de facto tertinggi China sejak akhir 1970-an hingga awal 1990-an.
          Adalah Deng yang mereformasi dan memodernisasi ekonomi China hingga meraksasa seperti saat ini. Beberapa reformasi ekonomi yang dilakukan Deng antara lain menghapus model pertanian kolektif, mengizinkan berdirinya perusahaan swasta, dan membentuk kawasan pasar bebas.
          Berkat Deng Xiaoping, China tampil sebagai kekuatan ekonomi baru di Asia dan juga dunia. Sektor politik, militer, dan teknologi mengalami pertumbuhan luar biasa di bawah arahan Deng.
6. Henry Ford
          Setelah mendapat promosi menjadi Kepala Insinyur di Edison Illuminating Company, ia memiliki cukup waktu dan uang untuk memusatkan perhatiannya ke eksperimen pribadi pada mesin berbahan bakar bensin. Melalui eksperimen tersebut, ia berhasil menciptakan mesin yang ia sebut sebagai Ford Quadricycle pada tahun 1896. Mesin tersebut ia uji coba sendiri pada 4 June. Ford terus menjalankan uji coba untuk memperbaiki mesinnya tersebut.
          Pada tahun 1896, Ford menghadiri pertemuan dengan para eksekutif di Edison, di mana ia diperkenalkan langsung ke Thomas Edison. Edison merestui eksperimen otomobil tersebut bahkan mendorongnya untuk merancang dan membuat kendaraan kedua, yang ia selesaikan pada tahun 1898. Tak lama, ia mendapatkan pendanaan dari William H. Murphy, pengusaha kayu asal Detroit, dan memutuskan keluar dari Edison Company untuk mendirikan Detroit Automobile Company pada 5 Agustus 1899.  Namun, kualitas mobil yang diproduksi perusahaan tersebut rendah sementara harganya yang relatif mahal. Akhirnya perusahaan tersebut bangkrut dan dibubarkan pada Januari 1901.
          Namun ia kemudian mendirikan Ford Motor Company yang sukses. Perusahaan otomotif ini dianggap menciptakan kelas menengah di masyarakat Amerika. Ia termasuk yang pertama menerapkan sistem produksi ban berjalan dalam produksi massal mobil yang terjangkau harganya. Prestasi ini tak hanya merevolusi produksi industrial, tetapi juga memberi pengaruh besar pada budaya modern, sehingga banyak teoritikus sosial menamai fase sejarah ekonomi dan sosial ini sebagai "Fordisme".
7. Mikhail Sergeyevich Gorbachev
          Dia adalah pemimpin Uni Soviet periode 1985 hingga bubarnya negara komunis itu pada tahun 1991. Pada masa pemerintahannya, ia melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem perekonomian dan politik.  Ia mencanangkan program perestroika (pembangunan kembali) ekonomi dan masyarakat, yang mengitrodusir demokrasi dalam berbagai bidang kehidupan. Kebijakan Gorbachev ini akhirnya melemahkan kontrol rezim komunis Uni Soviet dan membawa ke bubarnya Uni Soviet dan sistem komunis. http://www.kolombiografi.com/2013/11/biografi-mikhail-gorbachev-politikus.html
8. Einstein
          Adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar pada abad ke-20. Dia menemukan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".
          Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah. Dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan genius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Pada tahun 1999, Einstein dinamakan "Tokoh Abad Ini" oleh majalah Time.
9. Bill Gates
          Penemuan  windows membuat microsoft, perusahaan perangkat lunak yang didirikannya,  menguasai pangsa pasar. Dengan menjadi perusahaan perangkat lunak komputer nomor 1 di dunia, Bill Gates melejit menjadi orang paling kaya no 1 sedunia sejak tahun 1995 hingga tahun 2007. Selepas itu meskipun tidak selalu memuncaki tangga, namun Bill Gates masih tetap masuk pada jajaran orang paling kaya didunia. https://www.maxmanroe.com/bill-gates-pendiri-microsoft-perusahaan-perangkat-lunak-terbesar-di-dunia.html
10. Mark Elliot Zuckerberg.
          Ia adalah pendiri Facebook yang kini menjadi jejaring sosial nomor 1 dunia. Meski ia tak lulus kuliah dari universtias Havard namun karena FB ia berhasil masuk dalam daftar salah satu orang terkaya dunia pada tahun 2008 dan menjadi Man of The Year Majalah Time tahun 2010. Pada Oktober 2014, jumlah pengguna FB mencapai 1.278.837.779 orang.

2 komentar:

nonton flim online mengatakan...

infonya sangat menarik dan snagat bermanfaat gan..
makasih banyak atas infonya gan....

Unknown mengatakan...

terimakasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi http://bit.ly/2xRreQj

Recent Post

Artikel Paling Banyak Dibaca Sepanjang Waktu